Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Taman Konservasi Hutan Mangrove

Kawasan wisata Taman Konservasi Hutan Mangrove Desa Pasar Banggi Kecamatan Rembang Kota adalah monumen hidup perjuangan warga dalam melestarikan alam. Pada akhir 1960an, pantai di Rembang mengalami abrasi yang parah. Hal ini dikarenakan penebangan hutan bakau untuk pembukaan tambak udang yang masif. Namun, warga Kaliuntu yang dikomandoi pelestari lingkungan Mbah Suyadi pantang menyerah dengan kondisi alam. Sebatang demi sebatang pohon mangrove mulai kembali ditanam dan dirawat layaknya bayi. Tanpa henti penanaman pohon mangrove terus dilakukan warga hari demi hari. Penanaman mangrove seolah menjadi budaya bagi warga Desa Pasar Banggi hingga saat ini.

Tak terasa 30 tahun kemudian, upaya mengagumkan warga Pasar Banggi itu menunjukkan hasil yang gemilang. Hutan mangrove seluas 22 hektare dengan panjang hingga tiga kilometer terhampar gagah di pesisir pantai Rembang. Hutan mangrove ini pun menjadi salah satu hutan mangrove terpanjang di Jawa. Selain itu, hutan mangrove Kaliuntu Desa Pasarbanggi mencatatkand iri sebagai salah satu hutan mangrove dengan varietas mangrove terbanyak di Indonesia. Tercatat enam varietas yaitu Rhizophora Sp, Rhizopora apiculata, Avicenia marina, Avicena alba, Soneratia alba dan Xilocarto Sp tumbuh subur.

Kini di masa New Normal, hutan kemenangan warga atas ancaman abrasi itu bisa kembali dinikmati wisatawan dalam dan luar kota. Pengunjung dari arah barat bisa menemui tempat wisata ini setelah keluar dari gerbang batas Kota Rembang. Sedangkan dari arah timur, pengunjung bisa mengunjungi tempat wisata ini setelah keluar dari Kota Lasem. Dengan tiket masuk murah sebesar Rp 5 ribu untuk pemotor dan Rp 10 ribu untuk mobil, wisatawan bisa menikmati keindahan hutan dengan pemandangan laut lepas. Jembatan unik berwarna merah siap mengantarkan langkah kaki wisatawan menyusuri kawasan hutan mangrove nan damai. Gazebo-gazebo dan dekorasi kursi-kursi siap digunakan bersantai pengunjung. Di sore hari, pengunjung bisa menikmati atraksi berbagai macam burung yang menghuni kawasan hutan sambil menikmati senja merah jingga. Jadi, tunggu apa lagi. Datang dan rasakan sendiri sensasi hutan mangrove Kaliuntu Desa Pasar Banggi.

 

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: